Tutup Tahun 2020, Pelindo IV Gelar Virtual Customer Gathering

Virtual Customer Gathering PT Pelindo IV

INAPORT4 – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menggelar Virtual Customer Gathering melalui aplikasi zoom yang diikuti jajaran direksi, General Manager (GM) Cabang, Direksi Anak Perusahaan Pelindo IV Group, GM Strategic Business Unit (SBU), seluruh pejabat kantor pusat, Cabang Makassar, Terminal Petikemas Makassar dan Makassar New Port, serta para pengguna jasa setia.

Dalam sambutannya saat membuka gathering yang mengangkat tema “Bangkit dan Produktif Bersama untuk Indonesia Maju”, Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan bahwa pihaknya tetap semangat memberikan stimulus kepada para pengguna jasa, apalagi mengingat tahun ini menjadi tahun yang sangat berat bagi beberapa sektor usaha termasuk industri pelayaran karena adanya Pandemi Covid-19.

“Saat ini Pelindo IV telah menerapkan stimulus untuk kegiatan transhipment dengan memberikan diskon tarif sampai dengan 40%. Hal ini diharapkan dapat membantu perusahaan pelayaran dalam meningkatkan volume peti kemas di wilayah Indonesia Timur,” kata Prasetyadi.

Selain itu, Pelindo IV juga membuka kesempatan bagi mitra dalam kerja sama operasi penyediaan dan pengoperasian alat bongkar muat di pelabuhan, dengan tetap memerhatikan prinsip good corporate governance (GCG).

Pelindo IV menyadari, pelabuhan tetap menjadi fundamental pelayanan publik yang juga berfungsi sebagai kekuatan logistik untuk mendistribusikan barang dan jasa, terutama barang yang sangat dibutuhkan di wilayah Indonesia bagian Timur, terlebih dalam situasi Pandemi Covid-19.

Kendati dibawah tekanan Covid-19 dan dihadapkan pada masa krisis lanjut Prasetyadi, Pelindo IV tetap berkomitmen untuk melakukan segala pembenahan dan transformasi.

“Perseroan menetapkan target jangka panjang, yaitu terus melakukan pengembangan fasilitas seperti Makassar New Port yang dilengkapi dengan akses jalan tol. Juga investasi penambahan alat bongkar muat, serta digitalisasi pelayanan. Pelindo IV telah memiliki komitmen dan konsisten dalam mencapai tujuan dan hasil, serta terus berinovasi,” ujarnya.

Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan bertujuan untuk menerima masukan dari para pengguna jasa ini juga diikuti pengurus INSA Pusat, APBMI Pusat, ALFI/ILFA Pusat, DPW APBMI/INSA/ALFI/ILFA di 11 provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan seluruh perusahaan pengguna jasa Pelindo IV.

Dalam gelaran tersebut, para pengguna jasa dan asosiasi yang mengikuti kegiatan berkesempatan mengajukan pertanyaan kepada jajaran direksi yang dipandu oleh moderator, SVP Marketing & Tariff PT Pelindo IV, Tubagus Patrick Iskandar.

Pertanyaan yang diajukan di antaranya terkait pelayanan pelabuhan, transformasi yang dilakukan Pelindo IV khususnya di Terminal Peti Kemas (TPK) Ambon, serta pertanyaan seputar Terminal Petikemas Makassar (TPM), Makassar New Port (MNP) dan Kendari New Port (KNP), utamanya terkait fungsi TPM nantinya setelah MNP rampung secara keseluruhan, serta pertanyaan mengenai akses jalan tol sebagai pintu masuk dan keluar dari MNP.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Virtual Customer Gathering kali ini yang diikuti oleh total 132 peserta, PT Pelindo IV juga memberikan penghargaan kepada para pengguna jasa terbaik dengan enam kategori, di mana satu kategori merupakan kategori baru yang diberikan di tahun ini, yakni Kategori Perusahaan dengan Kontribusi Pendapatan Terbesar diberikan kepada PT SPIL (Salam Pasific Indonesia Lines), Kategori Perusahaan dengan Piutang Terlancar, PT Meratus Line dan Kategori Perusahaan dengan Trafik Petikemas Tertinggi, PT SPIL.

Sedangkan Kategori Perusahaan dengan Trafik Kapal Tertinggi di Dermaga Umum diberikan kepada PT PELNI, Kategori Perusahaan dengan Trafik Kapal Tertinggi diTerminal Khusus, PT Pertamina Trans Kontinental dan kategori baru yaitu Kategori Perusahaan dengan Windows Terdisiplin diberikan kepada PT SITC (Standard International Trade Classification).