Anak Perusahaan dan Afiliasi

PT NUSANTARA TERMINAL SERVICES (NTS)

PT Nusantara Terminal Service didirikan pada tahun 2013 dengan kepemilikan saham mayoritas pada PT Pelindo IV (Persero) dan sebagian Koperasi Karyawan PT Pelindo IV.

PT Nusantara Terminal Service berfungsi sebagai Strategic Company (Sebagai Holding) dan operating company, berkedudukan di Makassar dan memiliki cabang sebagai JPT/Forwader diberbagai tempat.

Fokus kegiatan PT NTS yakni, kegiatan bongkar muat konvensional (general cargo, project cargo, petikemas konvensional, dll). Badan Usaha Angkutan Multimoda (BUAM). Perusahaan, Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK). Pelayanan Logistik dan door to door service untuk komoditas general cargo. Pengelolaan depo petikemas, Gudang, lapangan penumpukan dan Pusat Logistik Berikat (PLB). Penyediaan dan pengoperasian peralatan bongkar muat. Dengan lokasi kegiatan di Pelabuhan Komersial, Pelabuhan Non Komerial, Tersus dan TUKS.

PT NTS selain sebagai holding juga melaksanakan kegiatan handling bagi general cargo, kegiatan di luar Provinsi Sulawesi Selatan akan dilaksanakan melalui kerja sama dengan cabang PT Pelindo IV (Persero) atau mengurus perizinan sendiri jika cukup potensial. PT NTS akan mengelola/mengusahakan aset tertentu melalui kerja sama operasi dengan beberapa cabang PT Pelindo IV (Persero).

 

PT EQUIPORT INTI INDONESIA (EII)

Visi perusahaan : Menjadi perusahaan Equipment Provider, Maintenance, Operators, Supplier dan General Contractor terbaik di Indonesia Timur.

Misi : Memberikan pelayanan Equipment Provider, Maintenance dan Repair berkualitas tinggi untuk memaksimalkan produktifitas dan availability. Mengintegrasikan teknologi ter-update untuk mendukung efektifitas kerja. Teknisi dan Operator yang profesional dan kompeten. Meningkatkan Added Value bagi Pelanggan.

Tagline : Excellence Quality is Our Priority.

PT EII adalah anak usaha PT Pelindo IV (Persero), dengan kepemilikan saham PT Pelindo IV sebesar 95% dan Koperasi Karyawan Pelindo IV sebesar 5%.

Kegiatan dan jasa PT EII Group terbagi yaitu :

- PORT EQUIPMENT & FACILITIES PROVIDER : Menyediakan Peralatan & Fasilitas Pelabuhan (Utama & Pendukungnya).

- MAINTENANCE & ENGINEERING : maintenance, repair, refurbishment, repowering, overhaul, Docking, retrofit modification, and electrification, underdeck repair.

- GENERAL CONTRACTOR : Konstruksi, Civil Works, Mechanical and Electrical Works, Instalation, Application dll.

- PORT OPERATORS PROVIDER : Menyediakan Operator Alat CC, HMC, RTG, Reach Stacker, Forklift, Head Truck, Kapal Tunda & Pandu, Garbarata, Cleaning Service, Security dan Outsourcing lainnya.

- GENERAL SUPPLIER : Menyediakan Spare parts, Ban, Wirerope, fender, Tiang pancang, Sheetpile, Electrical, HDPE, Anode, Precast Concrete, Paving Block, BBM dan Pelumas.

- PROPERTI : Menyediakan/Persewaan Kantor, Terminal Penumpang, Ruangan, Management Building, ATK & Perlengkapan kantor, Hotel, Guest House, Rumah tinggal, Kendaraan Dinas dll.

- TOURISM AGENCY : Menyediakan aplikasi media, paket wisata, ticketing pesawat & kapal laut dan akomodasi, operator hotel & terminal & gedung, EO & E- Pass.

PT EII merupakan Strategic Company (Sebagai Holding) dan Operating Company yang berkedudukan di Makassar dan memiliki cabang sebagai Port Maintenance Center di berbagai tempat.

Fokus kegiatan PT EII adalah, Maintenance Peralatan Pelabuhan (Refurbished, overhaul, docking, repowering, retrofit, modification & electrification, contract maintenance). Pemeliharaan Fasilitas Pelabuhan (Maintenance Dredging, Reclamation, Corrotion Protection – HDPE, Anode, Coating & Painting, Fender & Bollard). Pengadaan dan persewaan Peralatan Bongkat Muat (CC, RTG, RS, HT, FL). Pengoperasian Peralatan Bongkar Muat (CC, RTG, RS, HT, FL). Penyedia Spare part & sentraliasi. Penyedia Engineering instalasi Mechanical – Electrical dan IT. Penyedia mini powerplan 5-10 MW (listrik), Air minum kapal, Gas, BBM & Pelumas, dengan lokasi kegiatan di Pelabuhan Komersial, Pelabuhan Non Komerial, Tersus dan TUKS dan lainnya.

PT EII mengubah cost center menjadi profit center. Melaksanakan kegiatan maintenance yang akan dilaksanakan melalui kerja sama dengan cabang PT Pelindo IV (Persero) atau mengurus perizinan sendiri. Mengadakan dan memasarkan produk tertentu melalui kerja sama operasi dengan beberapa pabrikan (principal) dari BUMN/BUMD dan pihak swasta nasional/multi nasional.

 

PT KALTIM KARIANGAU TERMINAL

 

Dilaksanakannya pengembangan di lokasi Kariangau sebagai antisipasi terjadinya pelampauan kapasitas fasilitas akibat peningkatan volume arus petikemas di Terminal Semayang.

Luas lapangan penumpukan petikemas 13.820 m2 dengan daya tampung kurang lebih 50.000 TEUs dan trafik petikemas mencapai 104.660  TEUs pada 2011. Sementara pertumbuhan arus petikemas sekitar 10% per tahun.

Pelabuhan Semayang (Balikpapan eksisting) sangat sempit karena berbatasan langsung dengan daerah perbukitan kawasan hutan lindung dan sangat terbatas untuk pengembangan pelabuhan (backup area yang tidak memadai). Jalan akses dari dan ke pelabuhan juga merupakan jalan protokol Kota Balikpapan yang sangat ramai dan sempit, sehingga sering terjadi kemacetan di sekitar areal pelabuhan.

Latar belakang lainnya yang juga mendasari pengembangan Pelabuhan Kariangau adalah, rendahnya produktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Semayang yaitu sekitar 7-10 B/C/H.

Terdapat program Pemerintah yang menyatukan kawasan kepelabuhanan dengan kawasan industri Kariangau, sehingga perindustrian dapat lebih optimal. Untuk itu, PT Pelindo IV (Persero) bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersinergi untuk meningkatkan performansi pelayanan di pelabuhan, khususnya untuk pelayanan petikemas dengan bekerjasama memberikan pelayanan petikemas dengan standar pelayanan TPK melalui pengoperasian Terminal Petikemas Kariangau Pelabuhan Balikpapan yang dioperasikan melalui perusahaan patungan PT Kaltim Kariangau Terminal (PT KKT).