Milestone

 

 

TAHUN 1983

Pemerintah menetapkan adanya 4 (empat) pintu gerbang perdagangan luar negeri secara nasional, sehingga dilakukan merger 8 Badan Usaha PN. Pelabuhan menjadi 4 (empat) Badan Usaha yang berstatus Perusahaan Umum (Perum), salah satu diantaranya adalah Perum Pelabuhan IV sebagai pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia.

 

TAHUN 1991

Perum Pelabuhan IV merupakan hasil merger PN. Pelabuhan V (sebagian), VI, VII, dan VIII, ditambah dengan 6 (enam ) pelabuhan yang tidak diusahakan di Provinsi Irian Jaya, yang pendiriannya didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 17, Tahun 1983jo. PP. No. 7, Tahun 1985.

 

TAHUN 1992

Selanjutnya pada tahun 1992, berdasarkan PP. 59, tahun 1991 status Badan Usaha, yaitu Perum dialihkan menjadi Persero yaitu, menjadi PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) yang dikuatkan dengan Anggaran Dasar Perusahaan yang pengesahannya melalui Akta Notaris lmas Fatimah, S.H. No. 7, tanggal 1 Desember 1992.

 

TAHUN 1993-2008

Perseroan mendapatkan SMM SNI 150- 9001 versi 2008 (150-9001 : 2008) untuk penyediaan jasa kepelabuhanan untuk barang, penumpang dan kapal masingmasing di Cabang Tarakan, Cabang Sarong, Cabang Ambon, Cabang Samarinda dan Cabang Makassar.

 

TAHUN 2009

  1. PT Pelindo IV melaksanakan program Putra Harapan Papua, yaitu menyekolahkan putra dan putri terbaik dari Papua yang nantinya ketika lulus akan direkrut menjadi karyawan PT Pelindo. Program ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kemajuan Papua.
  2. Penandatanganan MoU antara PT Pelindo IV dengan PT Samudera Indonesia dan Pemerintah Kota Samarinda tentang Pembangunan Terminal Petikemas Palaran di Samarinda.
  3. Terminal Petikemas Makassar menerima penghargaan sebagai pelabuhan terbaik dari DPP INSA.

 

TAHUN 2010

  1. Peresmian gedung baru Terminal Petikemas Makassar oleh Direksi PT Pelindo IV (Persero).
  2. Program PKBL penyerahan bantuan berupa 10 unit komputer oleh PT Pelindo IV (persero) yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI Budiono.
  3. Terminal Petikemas Makassar menerima penghargaan Zero Accident (kecelakaan Nihil) dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigasi Republik Indonesia.
  4. Dalam menyukseskan program Pemerintah yaitu Program Sejuta Pohon, PT Pelindo IV (Persero) melakukan aksi penanaman pohon di wilayah Pelabuhan Paotere Makassar.

 

TAHUN 2011

  1. Peresmian kapal tunda KT. Antasena di Pelabuhan Balikpapan.
  2. Kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yaitu sunatan massal dan pengobatan gratis di Pelabuhan Rakyat Paotere Makassar.
  3. Program dari manajemen Pelindo IV untuk mengumrohkan karyawan.

 

TAHUN 2012

  1. MoU antara Pelindo IV dan Kejaksaaan Tinggi Prov. Sulsel tentang Penanganan Perkara.
  2. Mendirikan anak perusahaaan, PT. Equiport Inti Indonesia yang bergerak di bidang maintenance alat berat di Jakarta.
  3. Nota kesepahaman antara Pelindo IV dengan BPKP Prov. Sulsel tentang Kerjasama Pengembangan, Penguatan, Penerapan, dan Penguatan Tata Kelola dan Kinerja Perusahaan.
  4. Penandatanganan Akta pendirian anak perusahaan PT. Kaltim Kariangau Terminal dengan Pemprov Kalimantan Timur.
  5. Peresmian kerjasama pembongkaran pupuk urea bersubsidi antara Pelindo IV dengan PT. Pusri (Holding).
  6. Nota Kesepahaman antara Pelindo IV dengan kabupaten Biak Numfor tentang Kerjasama Bidang Kepelabuhanan.
  7. Perjanjian kredit investasi dan perjanjian kerjasama pelayanan penerimaan tagihan jasa pelabuhan dengan Host to Host System antara Pelindo IV dengan PT. BRI.
  8. Peresmian anak perusahaan PT. Kaltim Kariangau Terminal di Kariangau Balikpapan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
  9. Pelindo IV mendapatkan penghargaan dari MURI pada kegiatan batik terpanjang di dunia.

 

TAHUN 2013

Mendirikan anak perusahaan lagi yaitu, PT. Nusantara Termal Service (98,84%).

 

TAHUN 2014

  1. Program PKBL / CSR berbentuk Sunatan Massal bagi anak-anak kurang mampu.
  2. Penandatanganan kesepakatan antara Pelindo IV dengan JAMDATUN dan Kepala Kejaksaan RI.
  3. Rapat kerja Pelindo IV yang membahas target, perkembangan, investasi, dan permasalahannya serta motivasi kepada seluruh karyawan
  4. Penandatanganan komitmen program pengendalian ratifikasi antara Pelindo IV dan KPK.
  5. Pemasangan Container Crane (CC) di Pelabuhan Terminal Petikemas Bitung (investasi).
  6. Value Discovery Event; Menanamkan core value Pelindo IV kepada seluruh karyawan.
  7. Peluncuran logo baru Pelindo IV sebagai re-branding dan re-code core value corporate.
  8. Direktur Utama Pelindo IV mendapatkan The Best Fast Learning Leader Award dari Business Review.

 

TAHUN 2015

  1. Soft Launching revitalisasi terminal penumpang Pelabuhan makassar.
  2. Peresmian Groundbreaking makassar new Port oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.
  3. Gerakan peningkatan Ekspor 3x lipat di Sulawesi Selatan, di buka oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo dan Gubernur Sulawesi Selatan, Bapak Syahrul yasin limpo di Terminal Petikemas makassar.

 

TAHUN 2016

  1. Pelepasan pelayaran langsung atau direct call ekspor perdana dari  Papua  menuju  ke negara tujuan ekspor China, dengan memberangkatkan 40 kontainer komoditas kayu olahan.
  2. Program Mudik Gratis yang dikhususkan untuk penumpang kapal laut yang turun di Pelabuhan Makassar
  3. Soft launching ekspor 31 komoditas ke 34 negara tujuan dalam rangka “Merdeka Ekspor” bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
  4. PT Pelindo IV (Persero) mendapat trophy dan piagam penghargaan pelayanan prima unit pelayanan publik di lingkungan Perhubungan dari Kementerian Perhubungan, yang diserahkan langsung oleh menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta.
  5. Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero) Doso Agung menerima 2 (dua) penghargaan dari Gubernur Sulawesi Selatan atas peran aktif dan kesungguhan kerja untuk kemajuan ekonomi Sulsel, serta mendorong umKm melalui terlaksananya direct call ekspor langsung dari Pelabuhan makassar.
  6. Pelepasan pelayaran langsung atau direct call ekspor perdana dari  Papua  menuju  ke negara tujuan ekspor China, dengan memberangkatkan 40 kontainer komoditas kayu olahan. 

 

TAHUN 2017

  1. Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung melakukan pemaparan tentang upaya direct call dan direct export yang selama ini telah dilakukan, dalam presentasi berjudul “Transformasi Logistik Wilayah Indonesia Timur.”
  2. Presentasi tersebut  dipaparkan  Doso  Agung dalam Kongres Infrastruktur Maritim “Dukungan Infrastruktur Menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”, yang merupakan rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang dipusatkan di Makassar dan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.