Strategi Perusahaan

Strategi  Perseroan  adalah meningkatkan  pertumbuhan secara    organik    dan    non-organik.    Mengoptimalkan kesempatan di sepanjang rantai nilai, dan investasi yang strategis, memungkinkan Pelindo IV menjadi perusahaan yang lebih terintegrasi.
 
 
Untuk itu, aktivitas utama manajemen yang dilaksanakan konsisten  mengacu pada  RKAP  Tahun 2018 yang juga merupakan    penjabaran dan    implementasi Rencana Jangka  Panjang Perusahaan (RJPP) Tahun 2014 - 2018, antara lain:
  1. Peningkatan Kapasitas Terpasang  dengan melakukan pengembangan dan   pembangunan   fasilitas   dan peralatan pelabuhan, melakukan peningkatan utilitas fasilitas   dan   peralatan   untuk pekerjaan   renovasi terminal penumpang seperti  di  pelabuhan makassar yang  telah  terealisasi 100%,  Penambahan fasilitas infrastruktur dan peralatan alat bongkar muat.
  2. Operasional   Exelence.    Pelindo   IV melaksanakan pengendalian  Kekuatan  SDM  berbasis  zero  growth dan Otorisasi Rekrut Outsourching yang  dipusatkan di   Kantor   Pusat   bekerja   sama   dengan Cabang, rekrutmen outsourcing Seluruh Cabang berdasarkan kebutuhan dan   performance Cabang.   Melakukan pelaksanaan   pengadaan   barang   dan jasa secara elektronik (e-procurement) secara penuh. Melakukan penetapan SLA/SLG untuk pelayanan petikemas dan non-petikemas  untuk  seluruh  cabang; Menerapkan pelayanan berbasis  window system pada  terminal petikemas.     Telah     terealisasi     kegiatan berthing window  pada  cabang  TPK Makassar,  TPK  Bitung, Ambon;  penggunaan Standart COA
  3. Marketing,   Partnership  &   Pangsa   Pasar.   Pelindo IV Pelaksananan     promosi     perusahaan secara eksternal berjalan   sesuai   dengan   program  yang telah disusun dan dilaksanakan sesuai jadwal dengan mengedepankan     prinsip-prinsip    efektifitas    dan  efisiensi;
  4. Efisiensi     &    Profitability,     perseroan    melakukan maksimalisasi     sistem     Auto     Collection    untuk npenerimaan pembayaran hutang dari Pengguna Jasa yang terintegrasi  dengan   Sistem  Perbankan, Sistem INAPORT.  NET   di   beberapa Cabang   Perseroan, kemudian  Sentralisasi  pembayaran atas  pengadaan BBM, Pelumas, Spare Part dan Ban.
  5. New     Initiative     Dan     Development.     Perseroan melakukanPenerapane-officetelahdilakukanevaluasi pelaksanaan e-office secara berkesinambungan dan dilaksanakan   evaluasi dan   pengembangan  sistem e-office  tiap   triwulan, pengembangan  pelabuhan baru termasuk pekerjaan Desain Mekanikal/Elektrikal: