Gandeng Tanto di Pelabuhan Biak untuk Kemajuan Perekonomian di Papua

11 Agustus 2020 | Rilis Berita

GANDENG TANTO DI PELABUHAN BIAK UNTUK KEMAJUAN PEREKONOMIAN DI PAPUA 

Pelabuhan Indonesia IV Cabang Biak akhirnya resmi menjadi pelabuhan yang dilayari oleh Tanto Intim Line. Masuknya Tanto diharapkan dapat menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Papua.
Dalam voyage perdana KM.Tanto Lestari di dermaga umum Pelabuhan Biak (9 Agustus 2020), Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Si,M.Pd. sangat bahagia. Ia berharap ini dapat menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Biak Numfor dan wilayah Saireri secara khusus dan Papua umumnya. 
“Kami juga memberikan apresiasi dan terima kasih atas upaya yang dilakukan mulai dari jajaran Kementerian Perhubungan dalam hal ini Dirjen Pehubungan laut, KSOP Biak, Kadishub, PT Pelindo dan PT Tanto Intim Line sehingga kapal bisa beroperasi di Biak Numfor,” Kata Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, S.Si,M.Pd.
Pada Launching Pelayaran Perdana ini, Bupati Biak Numfor hadir dan jajarannya. Tak ketinggalan Ketua DPRD Biak Numfor. PT Tanto Intim Line diwakili oleh Direktur Operasi, Arfan Hani sementara Pelindo IV diwakili oleh GM PT Pelindo Cabang Biak, Harison P. Nanlohy. Beberapa kepala OPD Biak Numfor serta Stakeholder tamu undangan lainya juga hadir di momen yang sangat menggembirakan di tengah pandemic covid-19 ini. Acara berjalan dengan lancar dengan menerapkan protocol Covid-19.
Kepala Kantor SOP Kelas III Biak, Oktovianus C Karubaba,SE.MM  menyampaikan bahwa kehadiran PT Tanto Intim Line merupakan suatu gebrakan baru. Ini merupakan upaya untuk menjadikan Pelabuhan Biak sebagai tempat transit berbagai kegiatan logistik yang dipusatkan di Biak, yang selanjutnya akan di transfer ke Pelabuhan lainya di Papua yang akan membantu kemajuan Perekonomian dan menstabilkan harga-harga kebutuhan pokok dan Percepatan Distribusi barang bagi Masyarakat di Papua.
Pelayaran ini akan melayani rute Surabaya, Makasar, Biak, dan Manokwari dan diupayakan setiap bulan 4 call akan tiba di Pelabuhan Biak untuk mengadakan kegiatan Bongkar Muat Barang. Pada launching ini, sebanyak 25 TEUS muatan yang diangkut dengan isi berupa bahan kebutuhan pokok, makanan beku, bahan bangunan dan campuran lainnya dari Surabaya. Sementara dari Biak akan diangkut muatan balik berupa kayu.
Untuk mendukung hal tersebut, General Manager Cabang Biak Harison Nanlohy akan memberikan pelayanan prima sebagaimana yang selama ini juga dilakukan kepada pihak operator pelayaran lainnya.  “Pelindo IV senantiasa memberikan pelayanan prima demi kelancaran BM. Kami juga menyiapkan lahan untuk CY (container yard) atau lapangan penumpukan,” Ujarnya.
Dari pihak Tanto, Arfan Hani menyampaikan bahwa Pembukaan Kantor Cabang di Biak adalah yang ke 29 di Indonesia dan diharapkan dapat mendukung Pemerintah dalam meningkatkan Perekonomian di Papua. 
Pembukaan Grand Launching ini ditandai dengan Pemukulan gendang oleh bapak Bupati dan Pejabat lainya serta secara penurunan Container yg disaksikan langsung oleh seluruh tamu undangan sebagai tanda secara resmi telah beroperasi. Dengan beroperasinya Tanto, maka saat ini sudah 3 perusahaan pelayaran yang melayani rute Biak yaitu Temas, SPIL dan Tanto.

#BUMNuntukKemajuanBangsa #Pelindo4