Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Pandemi, Pelindo IV Disiplin Terapkan Protokol Covid-19

12 Agustus 2020 | Rilis Berita

INAPORT4 - Manajemen Pelindo IV seolah tidak pernah berhenti untuk melakukan berbagai upaya untuk memerangi Pandemi Covid-19 untuk optimalkan layanan kepada pelanggan.

Berkantor Pusat di daerah zona merah, Pelindo IV intens melakukan upaya-upaya untuk menghalau virus dan mengamankan kegiatan operasionalnya. Meskipun Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak lagi diterapkan, manajemen masih menerapkan pembatasan pegawai non-operasional di area kantor. Dengan menerapkan Work from Home (WFH) secara bergantian, menjaga jarak, pengukuran suhu badan, penggunaan masker dan senantiasa menjaga kebersihan tangan.

Hal tersebut merupakan implementasi The New Normal di lingkungan Perseroan. Pelabuhan ditetapkan sebagai area wajib masker yang berlaku tanpa terkecuali. Semua stakeholder yang bertugas maupun memasuki area pelabuhan sepakat untuk saling menjaga satu sama lain, dan mencegah penyebaran virus tersebut.

Para pengguna jasa yang berasal dari perusahaan pelayaran, ekspedisi, penumpang kapal hingga supir truk terus dihimbau untuk menggunakan masker. Bila kita berkunjung ke pelabuhan, semua orang menggunakan masker. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Kota Makassar yang menerapkan denda bagi yang tidak menggunakan masker.

Seluruh terminal penumpang di lingkup pelabuhan, terdapat wastafel portable untuk mencuci tangan dan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan. Hal ini sangat penting karena menyentuh wajah di saat tangan tidak bersih sangat dikhawatirkan dapat menjadi salah satu media untuk penularan virus.

Petugas yang terdiri dari stakeholder terkait seperti Otoritas Pelabuhan, Syahbandar, Navigasi, Kesehatan Pelabuhan, Kepolisian, Bea Cukai dan instansi lainnya bersinergi untuk menjaga pelabuhan agar tidak menjadi area penularan virus. Hal ini sangat penting karena operasional pelabuhan yang berjalan 24 jam setiap hari sangat bergantung pada petugas yang mengoperasikan berbagai alat untuk mendukung kinerja Bongkar Muat dan kunjungan kapal. Petugas pandu Pelindo IV dilengkapi dengan APD khusus yang dapat membantu untuk terhindar dari paparan covid-19.