Serikat Pekerja Pelindo IV Kembali Berbagi di Tengah Pandemi Covid-19

20 Mei 2020 | Rilis Berita

INAPORT4 - Serikat Pekerja (SP) PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kembali menyerahkan sebanyak 1.000 paket bahan pokok untuk disalurkan kepada masyarakat di wilayah Sulawesi Selatan yang terdampak Covid-19.

Paket bahan pokok itu diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi bersama Ketua Umum SP Pelindo IV, Muhajir Djurumiah kepada Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Rabu (20/5).

Dirut Pelindo IV, Prasetyadi mengatakan bahwa paket bahan pokok yang diserahkan merupakan bentuk kepedulian para pegawai Perseroan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Ini adalah wujud kepekaan sosial insan Pelindo IV kepada masyarakat karena Pelindo IV merupakan bagian dari mereka,” kata Prasetyadi.

Dia menuturkan secara ekonomi, aktivitas di pelabuhan masih tetap berjalan normal. Bahkan ada kenaikan sekitar 0,5% di triwulan I lalu dibandingkan posisi yang sama pada tahun lalu. “Hanya memang aktivitas penumpang yang belum ada, namun untuk logistik tetap beroperasi,” imbuhnya. 

Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah mengapresiasi bantuan yang diberikan Pelindo IV melalui serikat pekerja. “Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan paket bahan pokok ini. Tentunya akan kami salurkan untuk masyarakat di Sulsel,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum SP Pelindo IV, Muhajir Djurumiah menyebutkan, secara total pihaknya menyiapkan sebanyak 3.000 paket bahan pokok untuk wilayah Sulsel. “Sebanyak 1.000 paket sudah diserahkan melalui Posko Induk Penanganan Covid-19 Kota Makassar dan 1.000 paket untuk masyarakat yang juga sudah diserahkan kepada Pemprov Sulsel. Sebagian lagi kami salurkan bekerja sama dengan pegawai, Badan Amil Zakat Provinsi Sulsel dan teman-teman jurnalis.”

Muhajir mengatakan, paket bahan pokok yang disiapkan berasal dari penghasilan karyawan PT Pelindo IV yang disisihkan untuk berbagi dengan sesama. “Agar masyakarat lainnya juga ikut merasakan keriangan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, meski sedang pandemi Virus Corona.”

Dia menambahkan, kegiatan SP ini tidak hanya dilaksanakan di Makassar tetapi juga di seluruh wilayah kerja Pelindo IV yakni di seluruh cabang yang ada di Sulawesi, Kaltim, Kaltara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

“Penghasilan dari Tunjangan Hari Raya atau THR yang disisihkan berasal dari karyawan Pelindo IV yang merayakan Hari Raya Idul Fitri dan juga karyawan yang akan melaksanakan Hari Raya Natal nanti, dimana saat ini mereka juga sudah menyisihkan penghasilannya. Dengan harapan, Covid-19 tidak berlanjut atau tidak berlangsung lama hingga akhir tahun nanti,” pungkas Muhajir.