Tim The Australia-Indonesia Centre Kunjungi Paotere & MNP

19 November 2019 | Rilis Berita

INAPORT4 - Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Prakosa Hadi Takariyanto menerima kunjungan Delegasi Partnership for Australia – Indonesia Research (PAIR) (Kemitraan Penelitian Australia – Indonesia) di Ruang We Care Kantor Pelindo IV Makassar, Selasa (19 November 2019).

Konsorsium riset ini menghadirkan 11 Peneliti Senior dari kedua negara dengan total 55 peneliti. Penelitian yang akan dilaksanakan oleh PAIR berfokus pada isu berbasis konektivitas, prasarana, logistik dan rantai pasok, komoditas, serta keterampilan dan kesehatan pemuda.

Tujuan utama penelitian ini untuk memberikan input kebijakan berbasis bukti (evidencebased policy) dalam pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta prioritas pemerintah daerah (demand-driven research). Tim The Australia-Indonesia Centre (AIC) menekankan pentingnya pengembangan pengetahuan untuk perencanaan dan penerapan kebijakan.

Program PAIR akan berbasis di Sulawesi Selatan selama 2020-2022 dan kunjungan ke Pelindo IV merupakan rangkaian Study Tour Tim AIC ke wilayah Makassar - Parepare.

Tujuan pertemuan dengan Manajemen PT Pelindo IV adalah, mendengarkan prioritas Pelindo IV, memahami perspektif Direksi Pelindo IV dalam hal perencanaan, kesempatan dan tantangan yang dihadapi terutama dalam hal transportasi intermoda, memahami perspektif Direksi Pelindo IV tentang kehadiran kereta api Makassar-Parepare, apa saja potensi, manfaat dan dampak dari pembangunan atau kehadiran jalur kereta api bagi Pelindo IV.

Usai mendengarkan pemaparan Direktur Teknik Pelindo IV, Tim AIC melakukan kunjungan langsung ke Pelabuhan Rakyat Paotere dan Makassar New Port (MNP).