Pelabuhan Ternate Kedatangan 1 Unit CC

20 Januari 2020 | Rilis Berita

INAPORT4 - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kedatangan 1 unit alat Container Crane (CC) yang ditempatkan di Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate pada Selasa (14 Januari 2020).

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan, kedatangan alat tersebut adalah bagian dari upaya manajemen untuk meningkatkan status Pelabuhan Ternate dari hanya pelabuhan penumpang menjadi terminal petikemas atau pelabuhan multipurpose.

Sebenarnya menurut Farid, ada 9 pelabuhan yang ditingkatkan statusnya dari hanya pelabuhan penumpang menjadi terminal petikemas, yakni Pelabuhan Ambon, Sorong, Jayapura, Tarakan, Ternate, Kendari, Pantoloan, Manokwari dan Pelabuhan Merauke.

“Namun yang tiga pelabuhan lainnya sudah selesai, yakni Pelabuhan Ambon, Pantoloan dan Pelabuhan Jayapura. Menyusul 6 pelabuhan lagi yang ditarget rampung dalam tahun ini, dengan modal yang ditanam khusus di Pelabuhan Ternate sebesar Rp106,9 miliar,” ujarnya.

General Manager (GM) Pelindo IV Cabang Ternate, Herryanto menambahkan bahwa kedatangan alat tersebut untuk melengkapi sejumlah alat eksisting yang sudah beroperasi selama ini.