Pelindo IV Siapkan PKBL Hingga Rp13,35 Miliar

22 Januari 2016 | Rilis Berita

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia 4 (Persero) menyiapkan anggaran sebesar Rp13,35 miliar untuk mendukung  program CSR perseroan atau PKBL dari BUMN sektor kemaritiman tersebut.

Direktur Keuangan Pelindo 4, Budi Revianto, mengemukakan penyaluran dana tersebut akan diperuntukkan dalam program kemitraan sebesar Rp3,1 miliar  serta program bina lingkungan sebesar 10,25 miliar.

Secara terperinci, dana untuk program kemitraan bakal disalurkan  21 pelaku UMKM yang merupakan mitra binaan perseroan yang bergerak dalam berbagai sektor yakni perdagangan, peternakan, home industry, koperasi yang tersebar pada sejumlah daerah di wilayah operasional Pelindo 4.

"Penyaluran tersebut diberikan dalam bentuk dana tabungan mulai dari Rp10 juta sampai dengan Rp40 juta melalui BRI," kata Budi kepada Bisnis, Kamis (21/1/2016) petang.

Sementara itu, dan program bina lingkungan bakal disalurkan kepada 59 penerima manfaat yang meliputi tempat ibadah, panti sosial, fasilitas pendidikan dini dan lainnya yang tersebar di wilayah kerja Pelindo 4.

Skema penyaluran dana bina lingkungan juga dalam bentuk dana tabungan mulai dari Rp5 juta sampai dengan Rp10 juta melalui bank BRI.

Secra kumulatif, BUMN yang mengelola pelabuhan di wilayah timur teraebut telah menyalurkan dana CSR melalui PKBL mencapai Rp76,21 miliar terhitung sejak 2002 hingga 2015.

Secara terperinci, dana PKBL tersebut terdiri dari program kemitraan Rp49,98 miliar serta program nina lingkungan sebesar Rp26,23 miliar.

Adapun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan oleh PT Pelindo 4 merupakan pelaksanaan penjabaran Peraturan Menteri Negara BUMN No.Per05/MBU 2007 tentang petunjuk pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, dengan sumber pendanaan untuk kegiatan berasal dari bagian pemerintah atas laba perusahaan maksimal sebesar 4%.