Pelindo IV Sabet Digitech Award 2021, Setelah Sukses Bertransformasi  

Kepala Kantor Perwakilan PT Pelindo IV di Jakarta, Wagimin Hardjowiyono

INAPORT4 – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berhasil menyabet penghargaan The Best Digital Technology Team in Port & Logistics Industries dalam ajang bergengsi Digital Technology & Innovation (Digitech) Award 2021 yang dihelat di Ballroom 1 Hotel Mulia Jakarta, Rabu (31 Maret 2021).

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Kantor Perwakilan PT Pelindo IV di Jakarta, Wagimin Hardjowiyono, mewakili direksi Perseroan.

Dalam rilis yang tayang di itechmagz.id, Pelindo IV dinilai telah suskes dalam transfrormasi digitalnya dengan melahirkan berbagai inovasi dan digitalisasi produk dalam meningkatkan pelayanan serta efektifitas dan efisiensi perusahaan, di antaranya VessP4 dan Vessel Tracking Information System (VTIS).

Dalam penjurian yang dilakukan pada Senin (1 Maret 2021), Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo IV, I M. Herdianta Gautama mengatakan bahwa perputaran IT sangat cepat, saat ini pihaknya terus mengoptimalkan Business Prosess Engineering agar tetap stabil.

“Bagaimana kami mengoptimalkan sehingga business process ini relatif stabil, sehingga apapun teknologi yang digunakan tidak sampai mengharuskan kami melakukan perombakan di business process,” ujarnya.

Ketua Penyelenggara Digital Technology & Innovation Award 2021, Irnanda Laksanawan mengatakan bahwa saat ini waktunya membuktikan implementasi dari transformasi digital sebagai penyelamat ekonomi, bisnis dan pelayanan masyarakat.

“Karena salah satu hikmah dari pandemi Covid-19 adalah menunjukkan betapa pentingnya produk digital bagi kehidupan manusia. Sebab di era Industri 4.0 ini, teknologi digital bukan lagi sebuah pendukung bagi kehidupan, tapi kini sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Mau komunikasi, makan, belanja ini itu, bayar tagihan, transfer, belajar, dan kebutuhan lainnya kini sudah tak repot-repot lagi. Cukup klik di perangkat digital kita yang tersedia di Android atau IOS kita masing-masing,” terangnya.

Diketahui sebanyak 29 perusahaan BUMN, 3 BUMD dan 2 swasta mendapatkan penghargaan ini di ajang penganugerahan bergengsi Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2021.

Acara ini diselenggarakan oleh Majalah Itech yang bekerja sama dengan FORTI BUMN, Kementerian Ristek BRIN, BPPT dan Kementerian Perindustrian.

Gelaran yang mengangkat tema “Achieving Corporate Goals Through Digital Technology Transformation & Innovation” ini didukung oleh para pakar dan profesional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi.

Irnanda menyampaikan bahwa perusahaan penerima award yang terpilih rerata nilainya di atas 4 dari nilai maksimal 5. Ini berarti bahwa perusahaan bersangkutan telah menjadikan teknologi sebagai bagian utama dalam aktivitas perusahaan, atau dengan kata lain “every business is digitech busniness.”