Pelindo IV Raih TOP CSR Awards 2021 #Star 4

TOP CSR Awards 2021

INAPORT4 – PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berhasil meraih TOP CSR Awards 2021 kategori #Star 4 dan Top Leader On CSR Commitment 2021 yang diberikan kepada Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi, di Hotel Raffles, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan yang dihadiri sekitar 400 undangan berasal dari perusahaan-perusahaan penerima CSR Awards 2021 tersebut, Ketua Penyelenggara, Lutfi Handayani menjelaskan bahwa TOP CSR Awards 2021 merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tertinggi kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil menjalankan program CSR/PKBL/Community Development secara efektif dan berkualitas di Indonesia.

“Tujuannya adalah untuk mendorong secara masif adopsi CSR yang lebih efektif, strategik dan inovatif berbasis ISO 26000 kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan daya saing dan kinerja perusahaan serta peningkatan kualitas lingkungan hidup serta sosial ekonomi di sekitarnya,” terang Lutfi.

Juga untuk bersama-sama memperbaiki kondisi lingkungan bisnis dan ekonomi sosial agar semua pihak berkembang optimal dan bersinergi mendukung pembangunan nasional.

“Mendorong implementasi GCG karena CSR hanya dapat diimplementasikan jika perusahaan telah menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Juga memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan dengan praktek CSR terbaik, efektif dan inovatif di Indonesia.”

Selain itu lanjut dia, untuk mempublikasikan kepada masyarakat, pemerintah, investor dan lembaga pembiayaan bahwa program CSR perusahaan-perusahaan di Indonesia telah berjalan dan berkembang lebih baik dan efektif. Serta mendukung pelaksanaan program Kabinet Indonesia Maju 2019 – 2024.

Lutfi menyampaikan bahwa penilaian dalam TOP CSR Aawards 2021 meliputi tiga aspek utama, yaitu Aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang Social Responsibility; Aspek GCG; dan Aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis perusahaan.

“Hal ini yang membedakan dengan penilaian penghargaan CSR lainnya yang hanya fokus pada compliance ISO 26000,” sebutnya.

Menurut dia, hasil penilaian atau skor GCG yang yang baik menjadi salah satu persyaratan awal untuk menerima penghargaan TOP CSR Awards 2021. Program CSR yang efektif akan lebih mudah diterapkan jika GCG suatu perusahaan baik.

“Ada juga tambahan penilaian kategori khusus program CSR yang berkaitan dengan prioritas program Kabinet Indonesia Maju,” imbuh Lutfi.

Dia menyebutkan, perusahaan yang mendapat penghargaan TOP CSR Awards 2021 jumlahnya cukup banyak, lebih dari 100 perusahaan dari seluruh Indonesia dan terdiri dari perusahaan BUMN, BUMD, maupun swasta yang umumnya adalah perusahaan berskala sedang, menengah dan besar, termasuk anak perusahaannya.

Kategori penghargaan berdasarkan bintang, yaitu bintang 5 (The Best), bintang 4, bintang 3, bintang 2 dan bintang 1.

Khusus BUMN pelabuhan, PT Pelindo II dan anak perusahaan meraih tiga penghargaan kategori bintang 5 dan 4, PT Pelindo III meraih satu penghargaan kategori bintang 4 dan PT Pelindo IV meraih satu penghargaan dengan kategori bintang 4.