TUGAS DAN FUNGSI PPID PT PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO)

Tugas dan fungsi PPID sesuai PD 29 Tahun 2015 - Pedoman Pelayanan, Pengungkapan, dan Keterbukaan Informasi Publik Bab II adalah sebagai berikut:
 
 
A. TANGGUNG JAWAB PPID:
PPID PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bertanggung jawab dalam:
  1. Penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, dan pengamanan informasi
  2. Pelayanan Informasi Publik yang cepat, tepat, dan sederhana sesuai dengan aturan yang berlaku
  3. Pembuatan, pemeliharaan, dan/atau pemutakhiran Daftar Informasi Publik secara berkala.
B. TUGAS PPID
Dalam melaksanakan tanggung jawabnya, PPID PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bertugas untuk:
  1. Mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik secara fisik dari setiap unit/unit kerja yang meliputi informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, wajib tersedia setiap saat, dan informasi terbuka Iainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.
  2. Mengkoordinasikan pendataan Informasi Publik yang dikuasai oleh setiap unit/unit kerja dalam rangka pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik setelah dimutakhirkan oleh pimpinan masing-masing unit/unit kerja sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan.
  3. Mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan Informasi Publik melalui pengumumann dan/atau permohonan.
  4. Mengkoordinasikan pengumuman Informasi Publik melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan.
  5. Mengkoordinasikan penyampaian Informasi Publik dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat.
  6. Mengkoordinasikan pemberian Informasi Publik yang dapat diakses oleh publik dengan petugas informasi di berbagai unit pelayanan informasi untuk memenuhi permohonan Informasi Publik.
  7. Melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan.
  8. Menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak.
  9. Menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya.
  10. Mengembangkan kapasitas pejabat fungsional dan/atau petugas informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan Informasi Publik.
  11. Mengkoordinasikan dan memastikan agar pengajuan keberatan diproses berdasarkan prosedur penyelesaian keberatan apabila permohonan Informasi Publik ditolak.
C. WEWENANG PPID
Dalam melaksanakan tanggung jawabnya, PPID PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berwenang untuk:
  1. Mengkoordinasikan setiap unit/unit kerja di Perseroan dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik;
  2. Memutuskan suatu Informasi Publik dapat diakses publik atau tidak berdasarkan pengujian tentang konsekuensi;
  3. Menolak permohonan Informasi Publik secara tertulis apabila Informasi Publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan/rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut;
  4. Menugaskan pejabat fungsional dan/atau petugas informasi di bawah wewenang dan koordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik secara berkala sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan dalam hal Badan Publik memiliki pejabat fungsional dan/atau petugas informasi.
  5. Mengkoordinasikan unit-unit terkait di lingkungan Perseroan dalam rangka penyelesaian sengketa informasi.