Pusat Layanan Informasi dan Dokumentasi (e-PPID)

Sebagai dasar hukum yang mendorong keterbukaan informasi di Indonesia, Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada 30 April 2010, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) / Pelindo 4 sebagai BUMN mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan informasi publik secara lugas, integritas dan berkualitas.

Dalam melaksanakan pelayanan informasi publik, Pelindo 4 memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang bertanggung jawab memberikan pelayanan informasi yang meliputi proses penyimpanan, pendokumentasian, dan penyediaan pelayanan serta pengumuman informasi publik. Bertindak selaku PPID di Pelindo 4 Sekretaris Perusahaan.

Pelindo 4 menyiapkan layanan e-PPID yang dapat diakses secara online sebagai upaya untuk memudahkan pemohon informasi publik dalam mendapatkan layanan informasi dan dokumentasi dari Pelindo 4.

Pelindo 4 menyediakan informasi diantaranya :

  • Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
  • Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara serta merta;
  • Informasi yang wajib sedia setiap saat.

Profil Organisasi EPPID

Sesuai PD 29 Tahun 2015 – PedomanPelayanan, Pengungkapan, dan Keterbukaan Informasi Publik Bab II:

1. Kriteria PPID

  • PPID merupakan pejabat struktural yang ditunjuk untuk melaksanakan tugas Pelayanan Informasi kepada publik;
  • PPID harus memiliki kompetensi dibidang pengelolaan dokumen, pengolahan data, pelayanan Informasi,dan kehumasan.

2. Kedudukan dan Penunjukan

  • UNIT KERJA
  • Kantor Pusat
  • Cabang Kelas Utama, Kelas I, Kelas II, dan Kelas III
  • Cabang Kelas IV& UPK
  • Anak & Cucu Perusahaan
  • PPID
  • Sekretaris Perusahaan
  • General Manager
  • General Manager
  • Direktur SDM &Umum
  • WAKIL PPID
  • Asisten Sekretaris Perusahaan (Humas dan Kelembagaan)
  • Manager SDM dan Umum
  • Manager Keuangan, SDM, danUmum
  • Manager SDM dan Umum
  • Dalam hal PPID berhalangan, maka Pelaksana Tugas (PLT.) adalah pejabat yang ditunjuk oleh Direksi untuk kantor pusat atau General Manager untuk cabang dan UPK;
  • Dalam hal diperlukan pejabat fungsional dan/atau petugas informasi untuk membantu PPID,penetapannya dilakukan oleh Atasan PPID.

Visi dan Misi PPID

  • Visi:

    Terwujudnya pelayanan informasi yang berkualitas dan sesuai standar nasional.

  • Misi:

    1. Menciptakan PPID yang berkualitas
    2. Memberikan pelayanan berstandar nasional
    3. Menerapkan teknologi yang memudahkan pengelolaan dan pemberian informasi

Maklumat Pelayanan Informasi Publik

“Dengan ini kami menyatakan akan berupaya memberikan Pelayanan Informasi Publik yang berkaitan dengan profil dan kinerja PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dengan sebaik-baiknya sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Direksi PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Nomor 29 Tahun 2015 tanggal 16 November 2015 tentang Pedoman Pelayanan, Pengungkapan, dan Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero).”

SEKRETARIS PERUSAHAAN

Selaku PPID Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)

DWI RAHMAT TOTO

Regulasi
Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
View
Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik
View
Peraturan Komisi Informasi Pusat Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik
View
Peraturan Komisi Informasi Pusat Nomor 1 Tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik
View
Rancangan Pedoman Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
View
Rancangan Peraturan mengenai Keterbukaan Informasi Publik
View
Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2017 Pengklasifikasian Informasi Publik
View

FORMULIR LAYANAN INFORMASI

Isilah formulir ini dengan benar agar Pemohon bisa mendapatkan akses informasi mengenai perusahaan yang diinginkan.

Keterangan:

  • Formulir ini digunakan untuk registrasi pemohon, agar pemohon mendapatkan kemudahan dalam mengajukan permohonan informasi maupun pengajuan keberatan secara online.
  • Pemohon dinyatakan berhasil mendaftar apabila telah memenuhi semua kelengkapan yang dibutuhkan dan mendapatkan email konfirmasi dari admin e-PPID.