Balikpapan

 

KOTA BALIKPAPAN

 

Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur, dengan jumlah penduduk sebanyak 701.066 jiwa atau sekitar 22% dari total penduduk Kaltim. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia.

 

Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak dan Bumi Manuntung ini adalah Beruang Madu. Di mana kini, spesies yang menjadi maskot Kota Balikpapan ini sudah mulai punah. Nama asli Balikpapan sendiri adalah Billipapan atau Balikkappan dalam logat Banjar.

 

Kota Balikpapan memiliki 85% wilayah berbukit-bukit serta 12% berupa daerah datar yang sempit terutama berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sungai kecil serta pesisir pantai. Dengan kondisi tanah yang bersifat asam atau gambut, serta dominan tanah merah yang kurang subur. Sebagaimana layaknya wilayah lain di Indonesia, kota ini juga beriklim tropis. Kota ini berada di pesisir timur Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Selat Makassar, serta memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak.

 

Secara astronomis, letak Balikpapan berada di antara 1,0 LS - 1,5 LS dan 116,5 BT - 117,5 BT dengan luas sekitar 503,3 km persegi.

 

Komoditas Unggulan

 

Saat ini, masyarakat di Balikpapan sedang mengembangkan tanaman Buah Naga yang akan dijadikan komoditas unggulan dari daerah ini. Diharapkan, dari komoditas Buah Naga tersebut, dapat menghasilkan bahan olahan seperti sirup, kripik maupun dodol.

 

Sebelumnya, masyarakat di kota ini telah memiliki banyak produk unggulan yang telah menjadi bahan jadi, di antaranya Amplang dan Bawang Tiwai yang sudah sejak lama menjadi kebanggaan masyarakat Kaltim.

 

Selain mengandalkan produk unggulan, perekonomian di kota ini juga bertumpu pada sektor industri yang didominasi oleh industri minyak dan gas, perdagangan dan jasa. Kota ini memiliki bandar udara berskala internasional, yakni Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Internasional serta Pelabuhan Semayang selain pelabuhan minyak yang dimiliki Pertamina.

 

Aktivitas Pelabuhan

 

Sebagai kota dengan julukan Kota Pelabuhan, Balikpapan memiliki dua pelabuhan domestik, yaitu Pelabuhan Semayang dan Kampung Baru Tengah.

 

Pelabuhan Semayang terletak di Kecamatan Prapatan, yang bisa dijangkau dengan menggunakan angkutan umum dari Terminal Damai. Pelabuhan ini adalah pelabuhan yang paling sibuk di Balikpapan karena merupakan pelabuhan barang maupun penumpang ke kota-kota bagian barat Indonesia, seperti Jakarta atau Surabaya.

 

Perusahaan pelayaran nasional, PT Pelni, memiliki layanan ke dan dari kota lain di Indonesia, seperti Nabire, Tarakan, Nunukan, Parepare, Surabaya, Jayapura, Makassar, Maumere, Kupang, Surabaya dan Jakarta.

 

Pelabuhan lainnya di Balikpapan adalah Kampung Baru yang terletak di Desa Kampung Baru Tengah. Pelabuhan ini lebih kecil dari Pelabuhan Semayang dan juga merupakan bagian dari Desa Terapung Kampung Baru. Pelabuhan ini melayani rute-rute pelayaran dari dan ke beberapa kecamatan di Provinsi Kalimantan Timur. Di Pelabuhan Kampung Baru, penumpang akan melihat lebih banyak kapal-kapal cepat dengan kapasitas enam penumpang dibandingkan dengan kapal-kapal besar, meskipun ada juga beberapa kapal besar dengan kapasitas 200 penumpang yang bersandar di pelabuhan ini.

 

Obyek Wisata

 

Kota Balikpapan memiliki kawasan wisata yang cukup banyak dan beragam, di antaranya adalah Taman Agrowisata yang diresmikan pada 17 Desember 1997 oleh Bapak Tri Sutrisno. Taman ini berlokasi di Jl. Soekarno Hatta km 23, dengan luas 100 ha dan memiliki berbagai koleksi tanaman tropis serta dilengkapi dengan tempat piknik terbuka, Rumah Panjang Dayak, tempat berkemah dan pemandangan alami, serta dilengkapi denganberbagai fasilitas penunjang lainnya dan dapat dikunjungi meski hanya menggunakan angkutan umum dari kota.

 

Ada juga Wana Wisata Km 10 yang merupakan Taman Arboretum yang dibangun oleh PT Inhutani I Unit Balikpapan, dengan berbagai jenis pohon hutan dan buah-buahan langka, sebagai tempat berkemah dan jogging yang sejuk dan alami, dilengkapi gedung pertemuan, pusat informasi, gazebo, play ground dan warung kaki lima.

 

Kemudian ada Pantai Manggar Segarasari, merupakan tempat rekreasi pantai yang terletak 22 km dari pusat Kota Balikpapan tepatnya di Kecamatan Balikpapan Timur. Di pantai ini, tersedia shelterbanana boatspeed boat, ruang informasi dan warung kaki lima. Pantai ini juga dapat dikunjungi dengan menggunakan angkutan umum.

 

Selain itu, masih banyak lagi lokasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan asing maupun lokal saat berada di kota ini, seperti Penangkaran Buaya, Monumen Jepang, Monumen Perjuangan Rakyat, Perkebunan Salak, Tugu Peringatan Divisi 7 Australia, Kilang Minyak Balikpapan, Monumen Mathilda, Taman Bekapai, Pantai Melawai, Pantai Lamaru dan masih banyak lagi destinasi wisata lainnya.

 

Kuliner Khas

 

Balikpapan menawarkan beraneka ragam hidangan lokal yang dipengaruhi beragam suku bangsa Indonesia maupun asing yang ada di wilayah tersebut. Hidangan yang sangat dikenal di Balikpapan umumnya adalahseafood. Ada pepatah lokal yang mengatakan “Anda belum pernah ke Balikpapan, jika belum mencoba kepiting dan ikan bakar dan kelapa segar kami”.

 

Lalu, di mana bisa ditemukan hidangan laut seperti kepiting atau ikan bakar Balikpapan? Ada beberapa restoranseafood yang cukup terkenal di kota ini, seperti Dandito, Kenari atau RM Bonting. Selain restoran-restoran ini, masih banyak lagi restoran terkenal lain yang juga menyediakan hidangan kepiting. Umumnya, warga setempat menyarankan Kepiting Bakar Saus Lada Hitam dan Kepiting Soka Goreng dengan Saus Sambal Pedas.

 

Kepiting Soka adalah kepiting kulit lembut. Jika mau, kulitnya dapat dimakan. Kepiting ini biasanya dilapisi campuran dari tepung, telur, gula, bawang putih, lada dan garam sebelum digoreng.

 

Selain kepiting, hidangan laut lainnya yang biasa dikonsumsi di Balikpapan yaitu Pepes Patin dan Ikan Laut Bakar. Pepes Patin dimasak dengan bawang putih, kunyit, jahe, cabai dan lain-lain, lalu dibungkus daun pisang dan dibakar. Ikan laut diolah dengan minyak kelapa, bawang putih, jahe dan lada.

 

Banyak warga setempat yang memilih minum air kelapa segar setelah memakan hidangan kepiting karena mereka percaya bahwa air kelapa akan menyeimbangkan kadar kolestrol.

 

Sementara itu, untuk makanan ringan atau camilan khas Kota Balikpapan, tersedia Pisang Gapit atau pisang bakar yang umumnya dapat ditemukan di warung-warung makan, terutama di Pantai Melawai. Pisang ini biasanya disajikan dengan gula merah yang dicampur dengan tepung dan daun pandan.

 

Selain itu, Balikpapan juga dikenal dengan “Bonting”nya yang merupakan singkatan dari “Abon Kepiting”. Warga setempat biasanya memakan Bonting dengan nasi putih. Bonting dapat dibeli dengan mudah di banyak restoran, terutama di sepanjang Jalan Iswahyudi.

 

Makanan ringan khas lainnya adalah Amplang atau krupuk ikan bawang, Abon Ikan Tuna, Dodol, Bakpia, Mantau atau Roti Span dan Kue Bingka yang juga merupakan salah satu kuliner khas Balikpapan.

 

Makanan-makanan ringan ini bisa ditemukan di beberapa toko cinderamata atau di toko-toko dalam Pasar Kebun Sayur atau RM Bonting.

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Address

Address           : Jl. Yos Sudarso No. 30, Balikpapan, Kalimantan Timur 76101

Phone              : (0542) 422246, 737457

Fax                  : (0542) 731227

E-mail              : balikpapan@inaport4.co.id

Position
01° 07’ 00” S / 116° 48’ 00” E

No. of Map
Map No. 157

Anchorage
Buoy 01° 21’ 31” S / 06° 56’ 41” E
Rede 01° 16’ 12” S / 116° 48’ 00” E

Local Time
GMT + 8 hours

Max. Size
Draft 13,06 m

Operation Time
Open 24 hours,even in holiday. Ships with draft less than 11.50 m may at any time enter/exit channels. From rede to Waru bay and Pekalong River only between 06.00 and 18.00. Ships with draft more than 11.50 m shall wait for high tide.

Radio
Balikpapan Coast Radio Station, call sign PKN

Freq. 500 – L 24.

Telephony 
2182L24
4063/4357 Khz02.00-03.00 GMT
  
6215/6510 KhzL24
  
746/8222 Khz06.00-07.00 GMT
 11.00-12.00 GMT
Telegraphy 
6499.9 Khz00.00-07.00 GMT
8705.5 Khz02.00-03.00 GMT
 04.00-05.00 GMT
 08.00-09.00 GMT
 11.00-12.00 GMT
  
12715 Khz05.00-06.00 GMT
 12.00-12.00 GMT
  
VHF Channel 16L 24

 

WEATHER AND CLIMATE
Tidal
Top High : 2,70 m
Average High : 1.40 m
High High Water Spring : 2,70 m LWS
Mean Sea Level : 1.40 m LWS
Low Low Water Spring : 0,40 m LWS
Chart Datum : 0,00 m LWS

Current
Maximum Speed : 4 knot

Wind
Maximum Speed : 17,70 knot

Temperature
Average : 31° C
Variate : 28° – 34° C

HIDRO OCEANOGRAFI

Hidro Oceanography

Parameter

Panjang Alur Pelayaran

Length Of Channel

12 Mil

Lebar Alur Pelayaran

Width Of Channel

150 Meter

Kedalaman Minimum

Minimum Depth In Channel

13 MLWS

Luas Kolam Pelabuhan

Basin Area

262 Ha

Kedalaman Kolam Minimum

Minimum Depth in Basin

13 MLWS

Kedalaman Pulau di Dermaga

Depth In Whaft

7 MLWS

Kecepatan Angin

Wind Velocity

17,70 Knot

Kecepatan Arus

Current Velocity

4 Knot

Tinggi Gelombang

Tidal Height

2,70 Meter

Pasang Surut

High Water Spring

2,7 MLWS

Pasang Surut

 

 

FASILITAS PELABUHAN                

                Alat Produksi

       Equipment & Facilities                                                      

Parameter

Dermaga

Wharves

675 Meter

Gudang

Transit Shed

3.170 M2

Lapangan

Yard

13.820 M2

Kapal Tunda

 

Towing Boats

7 Unit

Kapal Pandu

 

Pilot Boats

6 Unit

Crane 35 Ton

1 Unit

Crane 25 Ton

1 Unit

Forklift 7 Ton

1 Unit

Tronton 20 Feet

2 Unit

Jumlah alat

18 Unit


Pilotage

Compulsory for vessels more than 500 GT in gross volumes. Notice for ETA and request for a pilot must be made 4 hours in advance by calling Balikpapan Coast Radio Station or raising “G” flag. Except for channel between buoy 1 and buoy 12, all parts of Balikpapan bay are suitable for anchorage while awaiting pilot boat. Pilot boats operated by the company are:

Fresh Water
Available, supply capacity approximately 30 tons/hour

Bunkering
Only diesel and marine fuel, supplied by PERTAMINA depend on request

Repair
Floating dock and dry dock repairs available, lifting capacity 3.000 DWT

Shore Leave
All crew members allowed ashore on permission of Immigration

MISCELLEANOUS
Hospital facilities or Port Doctor are available
Airport
Sepinggan Airport, located 12 from port. Domestic flights are

MPI 039 1 x 385 HP
MPC Semayang II 2 x 300 HP
MPI Sengata 2 x 365 HP
MPC Tukung Express 2 x 115 HP

regularly supported by Garuda Indonesia, Merpati Nusantara
Airline, Mandala Airline, and Bouraq Airline.