• CRUISE AND TOURISME

    THE BEAUTY OF THE ISLAND OF HEAVEN

  • INDONESIA CULTURE

  • EXPLORE INDONESIA

    INDONESIA HAS THOUSANDS OF EXOTIC ISLANDS TO VISIT

CRUISE AND TOURISM

Pelindo 4 melayani kegiatan sandar kapal Cruise di pelabuhan yang memiliki destinasi wisata internasional.
Kunjungan Cruise di pelabuhan di wilayah Pelindo4 merupakan pelayanan terintegrasi mulai dari kapal akan bersandar, jamuan di terminal penumpang, hingga pelayanan penumpang menuju objek wisata di wilayah pelabuhan yang dikunjungi.

MV. Maasdam

Makassar, South Sulawesi
Januari 2019

MV. Seven Seas Navigator

Makassar, South Sulawesi
Februari 2019

MV. Maasdam

Makassar, South Sulawesi
Januari 2019

MV. Sun Princess

Makassar, South Sulawesi
Desember 2019

MAKASSAR SOMBERE

Makassar, South Sulawesi

Makassar memiliki potensi wisata yang menawan yang dibarengi keramaian kota dan penduduknya yang ramah. Berwisata di Makassar dapat dilakukan dengna mengunjungi spot wisata darat dan air serta kulinernya memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak bisa disamai daerah lain di Indonesia.

Destinasi yang berada di dalam kota antara lain Benteng Rotterdam, Pantai Losari yang menjadi icon kota Makassar, Museum Kota Makassar, Ekowisata Mangrove Lantebung, Bugis Waterpark, dan tempat lainnya seperti pusat perbelanjaan dan café yang keren. Bagi yang suka mencicipi makanan lokal, ada puluhan rumah makan atau resto yang menawarkan aneka kuliner laut yang segar seperti ikan, udang, kepiting, lobster, dan cumi. Jangan ketinggalan untuk mencoba sajian ayam berbagai bumbu, atau penganan seperti pisang epe, pallu butung, jalangkote, dan barongko.

Destinasi luar kota dapat dimulai dari yang terdekat seperti air terjun Bantimurung, Rammang-Rammang yang eksotis, air terjun Batulappa di Gowa, Malino di Gowa, Pantai Bira dan Appalarang di Bulukumba, hingga Toraja yang menjadi spot wisata yang luar biasa

TANA TORAJA

Tana Toraja, South Sulawesi

Toraja menawarkan eksotisme yang luar biasa. Panorama alamnya yang indah, berpadu dengan adat budayanya yang sangat kuat merupakan daya Tarik bagi wisatawan. Berwisata di Toraja tidak cukup bila hanya sehari sebab seluruh tempat di Toraja sangat menawan.

Keunikan Makam para bangsawan di gua Lemo punya rona warna tersendiri, jauh dari kesan angker. Jangan lupa mengunjungi Lemo, Kete Kesu, Londa, Batutumonga, bebatuan megalitikum di Bori Kalimbuang, Tongkonan Pallawa, hingga patung Jesus Buntu Burake.

Toraja juga terkenal dengan kerajinan tangan berupa tenun khas dan aksesoris manik khas beraneka warna yang disebut Kandaure. Tenun Toraja sesungguhnya merupakan tanda kasih bagi saudara mereka yang telah tiada. Kain ini berperan penting dalam ritual pemakaman keluarga Toraja yang disebut Rambu Solo. Aksesoris manik dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti kalung, gelang, ikat kepala, iakt pinggang yang baisanya digunakan dengan baju pokko (pakaian adat Toraja untuk wanita).

MANADO MENAWAN

Manado, North Sulawesi

Wisata paling terkenal di Sulawesi Utara adalah Taman Laut Bunaken yang terletak di Bunaken, sebuah pulau di Teluk Manado yang dapat ditempuh dengan kapal cepat sekitar 30 menit. Terdapat lebih dari 12 titik penyelaman di sini yang menawarkan surga bawah laut yang sangat indah. Di sini juga terdapat underwater great walls yang berdiri vertical dan menjadi sumber makanan bagi ikan di perairan sekitarnya.

Bersandar di Pelabuhan Bitung, wisatawan dapat mengunjungi banyak sekali tempat wisata selain Bunaken seperti Danau Linow, Bukit Kasih, Pulau SIladen dengan pasir putih, taman bunga di Tomohon, situs bersejarah Waruga Sawangan, dan masih banyak lagi destinasi lainnya.

Bagi pencinta kuliner, Manado adalah salah satu surganya. Kesegaran tuna, cakalang fufu, woku blanga dan seafood lainnya dalam aneka cita rasa pedas yang menantang. Tak ketinggalan klappertaart yang dibuat dari kelapa muda segar dan kenari, pastel panada, bubur manado, sambal roa, nasi kuning, es bernebon, dan masih banyak lagi yang membuat lidah bergoyang.

RAJA AMPAT

Sorong, West Papua

Lautan lepas dan langitnya memiliki biru yang sempurna. Di antara pulau-pulau karang yang bertebaran, lumba-lumba berloncatan gembira bersama ikan aneka warna. Hijau pepohonan memberikan kesejukan bersama angin yang berhembus. Itulah Raja Ampat, sebuah kepulauan di Papua Barat yang sangat indah.

Raja Ampat terdiri dari empat pulau utama yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Inilah gugusan pulau yang menyimpan kekayaan alam laut dan panorama yang sangat memikat itu, dihuni oleh nelayan dan juga kurang lebih 75% spesies laut dari seluuh dunia. Keanekaragamannya memukau dengan ribuan jenis karang, biota laut dan spesies ikan. Tidak heran bila Raja Ampat masuk dalam 10 besar surga bawah laut tercantik di dunia.

Pelabuhan Sorong menjadi salah satu pintu masuk untuk menuju ke destinasi ini. Waktu terbaik mengunjunginya adalah Oktober – Mei dimana laut teduh dan pemandangan menjadi sangat bagus. Di sana ada Piaynemo (puncak terbaik untuk mengambil foto), Telaga Bintang (dimana penyu dan anak hiu berenang), Wayag, dan Manta Point, Misool.