TENTANG KAMI

Here We Are – Great Pelindo4

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) atau Pelindo IV adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang kepelabuhanan dan logistik.

Bisnis utama kami adalah memberikan jasa pelayanan untuk kapal, bongkar muat barang dan petikemas, dan pelayanan penumpang. Selain itu kami juga membuka berbagai peluang kerjasama operasi dan kerjasama usaha dengan berbagai pihak.

Perjalanan panjang Pelindo IV telah dimulai sejak adanya nasionalisasi perusahaan pada jaman kolonial hingga perubahan status dari perusahaan jawatan menjadi perum lalu akhirnya persero. Pembangunan di Indonesia khususnya di kawasan Indonesia timur tidak luput dari peran dan dukungan pelabuhan-pelabuhan kelolaan Pelindo IV.

Wilayah operasional kami terletak di kawasan Indonesia Timur, yaitu di Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tengggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, dan terdiri dari 24 pelabuhan cabang, 1 UPK (Unit Pelaksana Kepelabuhanan), 2 anak perusahaan, 1 afiliasi dan 1 cucu perusahaan.

WE ARE GREAT PELINDO 4

  • VIsi

    “Menjadi perusahaan pengelola pelabuhan yang terintegrasi, berdaya saing tinggi, dan bertaraf internasional”.
  • Misi

    Menjadi penggerak dan pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia Timur.

    Menyediakan Jasa kepelabuhan dan non-kepelabuhan (penunjang) yang terintegrasi dengan berorientasi pada kepuasan dan loyalitas pelanggan.

    Menciptakan transformasi untuk mendorong pengembangan professional dan personal bagi kesejahteraan karyawan.

    Meningkatkan nilai tambah bagi Stakeholder internal dan eksternal secara berkelanjutan.

    Memaksimalkan nilai pemegang saham secara berkelanjutan (Shareholder).

  • TUGAS & FUNGSI

    Tugas dan Fungsi PT Pelabuhan Indonesia IV adalah melakukan usaha dibidang penyelenggaraan dan pengusahaan jasa kepelabuhanan, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perseroan untuk :

    Memberikan sumbangan pada perekonomian nasional secara umumnya dan penerimaan negara secara khususnya.

    Mengejar keuntungan.

    Menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan memadai bagi pemenuhat hajat hidup orang banyak.

    Menjadi prioritas kegiatan-kegiatan usaha yang belum dapat dilaksanakan oleh sektor swasta dan koperasi.

    Turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat.

CORE VALUE

AKHLAK BUMN

Memegang teguh kepercayaan yang diberikan

Terus belajar dan mengembangkan kapasitas

Saling peduli dan menghargai perbedaan

Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara

Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan

Membangun kerja sama yang sinergis

SEJARAH

1957 – Sekarang

Secara efektif keberadaan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mulai sejak penandatanganan Anggaran Dasar Perusahaan oleh Sekjen Dephub berdasarkan Akta Notaris Imas Fatimah, SH No 7 tanggal 1 Desember 1992. Menilik perkembangan kebelakang di masa awal pengelolaannya, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang semakin maju.

  • Tahun 1957 - 1960

    Pembentukan Perusahaan Negara

    Pada masa awal kemerdekaan, pengelolaan pelabuhan berada dibawah koordinasi Djawatan Pelabuhan. seiring dengan adanya nasionalisasi terhadap perusahaan-perusahaan milik Belanda dan dengan dikeluarkannya PP No. 19/1960, maka status pengelolaan pelabuhan dialihkan dari Djawatan Pelabuhan berbentuk badan hukum yang disebut Perusahaan Negara. (PN)

  • Tahun 1960-1963

    Awal Pengelolaan

    Berdasarkan PP No. 19 tahun 1960 tersebut pengelolaan pelabuhan umum diselenggarakan oleh PN pelabuhan I-VIII. Di kawasan Timur Indonesia sendiri terdapat 4 (empat)PN Pelabuhan yaitu : PN Pelabuhan Banjarmasin, PN Pelabuhan Makassar, PN Pelabuhan Bitung dan PN Pelabuhan Ambon.

    Tahun 1960-1963

  • Tahun 1964-1969

    Port Authority

    Pada masa order baru, pemerintah mengeluarkan PP 1/1969 dan PP 19/1969 yang melikuidasi PN Pelabuhan menjadi Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) yang di pimpin oleh Administrator Pelabuhan sebagai penanggung jawab tunggal dan umum di pelabuhan. Dengan kata lain aspek komersial tetap dilakukan oleh PN Pelabuhan, tetapi kegiatan operasional pelabuhan dikoordinasikan oleh Lemabaga Pemerintah yang disebut Port Authority.

  • Tahun 1969- 1983

    Badan Pengusahaan Pelabuhan

    Pengelolaan Pelabuhan dalam likuiditas dilakukan oleh Badan Pengusahaan Pelabuhan (BPP) berdasarkan PP 1/1969 dan PP 18/1969. Dengan adanya penetapan itu, pelabuhan dibubarkan dan Port Authority digantikan oleh BPP.

    Tahun 1969- 1983

  • Tahun 1983-1992

    Perusahaan Umum

    Status pelabuhan dalam likuidasi yang di kenal dengan BPP berakhir dengan keluarnya PP 11/1983 dan PP 17/1983 yang menetapka bahwa pengelolaan pelabuhan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum).

  • Tahun 1992 – sekarang

    Badan Usaha Milik Negara

    Dilandasi oleh pertimbangan peningkatan efisiensi dan efektifitas perusahaan serta dengan melihat perkembangan yang dicapai oleh perum pelabuhan IV, pemerintah menetapkan melalui PP 59/1991 bahwa pengelolaan pelabuhan di wilayah Perum Pelabuhan IV dialihkan bentuknya dari Perum menjadi (Persero). selanjutnya Perum Pelabuhan Indonesia Iv beralih menjadi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia IV. Sebagai Persero, pemilikan saham PT Pelabuhan Indonesia IV yang berkantor pusat di jalan Soekarno No. 1 Makassar sepenuhnya dikuasai oleh Pemerintah, dalam hal ini Menteri Keuangan Republik Indonesia dan pada saat ini telah di alihkan ke Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

    Tahun 1992 – sekarang

MANAJEMEN

Dewan Komisaris dan Direksi PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)

DEWAN KOMISARIS

Fachry Ali

Main Commissioner

Warga negara Indonesia, lahir di Susoh, Aceh pada 23 November 1954. Diangkat sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sesuai Nomor SK-91/MBU/03/2020 tanggal 23 Maret 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV.

Eris Herryanto

Independent Commissioner

Warga negara Indonesia, lahir di Bogor, Jawa Barat pada 5 Januari 1955. Diangkat sebagai Komisaris Independen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sesuai Nomor SK-91/MBU/03/2020 tanggal 23 Maret 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV.

Abdulhamid Dipopramono

Commissioner

Warga negara Indonesia, lahir di Klaten, Jawa Tengah pada 15 Juli 1960. Diangkat sebagai Komisaris PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sesuai Nomor SK-91/MBU/03/2020 tanggal 23 Maret 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV.

Heri Purnomo

Commissioner

Warga negara Indonesia, lahir di Kudus, Jawa Tengah pada 27 Februari 1971. Diangkat sebagai Anggota Dewan Komisaris PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sesuai SK.213/MBU/10/2017, tanggal 4 Oktober 2017 tentang Pengangkatan Anggota-anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV. Sejak 30 Juni 2016 sampai dengan sekarang, beliau juga menjabat sebagai Asdep Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan III.

Neil Iskandar Daulay

Commissioner

Warga negara Indonesia. Lahir di Medan, 27 Juli 1969. Diangkat sebagai Anggota Dewan Komisaris PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berdasarkan SK No 60/MBU/03/2019 tanggal 5 Maret 2019 tentang Pemberhentian, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV. Saat ini beliau juga sebagai Staf Khusus Menteri Perindustrian RI.

Sukriansyah S. Latief

Commissioner

Warga negara Indonesia. Lahir di Makassar, 30 Agustus 1969. Diangkat sebagai Anggota Dewan Komisaris PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) berdasarkan Nomor SK-266/MBU/08/2021 tanggal 12 Agustus 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV. Saat ini beliau juga sebagai Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

DEWAN DIREKSI

Prasetyadi

Main Director

Warga negara Indonesia. Lahir di Bandung pada 7 Agustus 1969. Meraih Port Engineering pada University of Le Havre, Perancis pada 1998 dan Magister Manajemen di Universitas Airlangga, Surabaya pada 2015,serta meraih gelar Sarjana Teknik Mesin/Konstruksi dari ITS, Surabaya pada 1993. Sekarang ini menjabat sebagai Direktur Utama. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Direktur Operasi dan Sistem Informasi PT Pelindo II – IPC (Persero).

Prakosa Hadi Takariyanto

Director of Engineering

Warga negara Indonesia. Lahir di Klaten pada 11 November 1965. Meraih Magister Sistem dan Teknik Jalan Raya di Institut Teknologi Bandung pada 1995 dan meraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta pada 1992. Sekarang ini menjabat sebagai Direktur Teknik. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai General Manager Departemen Investasi PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

M. Adji

Director of Operation and Commercial

Warga negara Indonesiakelahiran Boyolali, 3 Oktober 1969. Meraih gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung pada 1994 dan Magister untuk Master of Port MGT and Harbour APE C Belgium pada 1997.Sekarang ini menjabat sebagai Direktur Operasi dan Komersial. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT IPC Terminal Petikemas.

Ady Sutrisno

Director of Human Capital

Warga negara Indonesia. Lahir di Makassar, 31 Desember 1971. Meraih Magister Manajemen di Universitas Hasanuddin Makassar pada 2017 dan meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Hasanuddin Makassar pada 2003. Sekarang ini menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM). Sebelumnya, beliau menjabat sebagai General Manager (GM) Terminal Petikemas Makassar (TPM).

Choirul Anwar

Director of Finance

Warga negara Indonesia. Lahir di Surabaya pada 21 Oktober 1964. Meraih gelar MBA di Universitas of Arkansas pada 1996 dan meraih gelar Sarjana dari Jurusan Mekanisasi Pertanian di Institut Pertanian Bogor pada 1987. Sekarang ini menjabat sebagai Direktur Keuangan. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Senior Vice President (SVP) – Head of Small and Medium Enterprise Banking Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

I.M Herdianta

Director of Business Transformation

Warga negara Indonesia. Lahir di Surabaya pada 7 Oktober 1966. Meraih gelar Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1991. Sekarang ini menjabat sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Corporate Secretary PT Pelindo IV (Persero).

PELABUHAN DAN UNIT PELAYANAN

24 Pelabuhan dan 1 Unit Pelayanan Khusus yang berada di 12 Propinsi Indonesia Timur

GROUP

PT Pelindo IV (Persero) memiliki beberapa anak perusahaan secara mandiri ataupun kerjasama dengan pihak eksternal.

PT NUSANTARA TERMINAL SERVICE

PT Nusantara Terminal Service (NTS) didirikan pada tahun 2013 dan berfungsi sebagai Strategic Company (Sebagai Holding) dan operating company, berkedudukan di Makassar dan memiliki cabang sebagai JPT/Forwader di berbagai tempat dengan lokasi kegiatan di Pelabuhan Komersial, Pelabuhan Non Komerial, Tersus dan TUKS.

Kegiatan usaha PT NTS yaitu:

  • pelayanan bongkar muat konvensional (general cargo, project cargo, petikemas konvensional, etc.)
  • Badan Usaha Angkutan Multimoda
  • Perusahaan, Pengurusan Jasa Kepabeanan
  • Pelayanan Logistik dan door to door service untuk komoditas general cargo.
  • Pengelolaan depo petikemas, Gudang, lapangan penumpukan dan Pusat Logistik Berikat (PLB)
  • Penyediaan dan pengoperasian peralatan bongkar muat.
  • Pelaksanaan kegiatan handling bagi general cargo

Anda dapat menghubungi PT. NTS melalui:

PT. NUSANTARA TERMINAL SERVICES
Gedung Plasa Intan Lantai 2
Jl. H.I.A Saleh Daeng Tompo (Ex. Jl. Durian) No.11
Kelurahan Losari Kecamatan Ujung pandang
Makassar – Sulawesi Selatan Kode Pos 90112

PT EQUIPORT INTI INDONESIA (EII)

PT Equiport Inti Indonesia (EII) adalah anak usaha PT Pelindo IV (Persero) yang merupakan strategic company dan operating company yang berkedudukan di Makassar dan memiliki cabang sebagai Port Maintenance Center di berbagai tempat. Dalam melaksanakan kegiatan maintenance, EII dapat melakukan kerja sama dengan cabang PT Pelindo IV (Persero) atau mengurus perizinan sendiri. Selain itu, juga dapat mengadakan dan memasarkan produk tertentu melalui kerja sama operasi dengan beberapa pabrikan (principal) dari BUMN/BUMD dan pihak swasta nasional/multi nasional.

Kegiatan dan jasa sebagai berikut:

  • PORT EQUIPMENT & FACILITIES PROVIDER : Menyediakan Peralatan & Fasilitas Pelabuhan (Utama & Pendukungnya).
  • MAINTENANCE & ENGINEERING : maintenance, repair, refurbishment, repowering, overhaul, Docking, retrofit modification, and electrification, underdeck repair.
  • GENERAL CONTRACTOR : Konstruksi, Civil Works, Mechanical and Electrical Works, Instalation, Application dll.
  • PORT OPERATORS PROVIDER : Menyediakan Operator Alat CC, HMC, RTG, Reach Stacker, Forklift, Head Truck, Kapal Tunda & Pandu, Garbarata, Cleaning Service, Security dan Outsourcing lainnya.
  • GENERAL SUPPLIER : Menyediakan Spare parts, Ban, Wirerope, fender, Tiang pancang, Sheetpile, Electrical, HDPE, Anode, Precast Concrete, Paving Block, BBM dan Pelumas.
  • PROPERTI : Menyediakan/Persewaan Kantor, Terminal Penumpang, Ruangan, Management Building, ATK & Perlengkapan kantor, Hotel, Guest House, Rumah tinggal, Kendaraan Dinas dll.
  • TOURISM AGENCY : Menyediakan aplikasi media, paket wisata, ticketing pesawat & kapal laut dan akomodasi, operator hotel & terminal & gedung, EO & E- Pass.

Anda dapat menghubungi EII melalui:

PT EQUIPORT INTI INDONESIA
Gedung Plasa Intan Lantai 2
Jl. H.I.A Saleh Daeng Tompo (Ex. Jl. Durian) No.11
Kelurahan Losari Kecamatan Ujung pandang
Makassar – Sulawesi Selatan Kode Pos 90112

PT KALTIM KARIANGAU TERMINAL

PT. Kaltim Kariangau Terminal (KKT) merupakan perusahaan patungan antara PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Perusahaan Daerah Melati Bhakti Satya, yang dibentuk untuk mengelola dan memberikan jasa kepelabuhanan di Kariangau, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

PT Kaltim Kariangau Terminal mengoperasikan Terminal Petikemas yang diharapkan akan memberikan pelayanan secara efisien dari segi waktu dan biaya sehingga dapat menunjang perekonomian di Kalimantan.

Anda dapat menghubungi KKT melalui:

PT KALTIM KARIANGAU TERMINAL
Jl. Pulau Balang No.KM.13 No.1, Kariangau,
Kec. Balikpapan Bar., Kota Balikpapan,
Kalimantan Timur, Indonesia, 76134
Tlp. 0852 488 98504 / 0811 5377 087
callcenter@kariangauterminal.co.id

PT INTAN SEJAHTERA UTAMA

PT Intan Sejahtera Utama adalah Perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa tenaga kerja yang berbadan Hukum Indonesia berdasarkan akta pendirian nomor: 09 pada tanggal 29 November 2018 dan telah mendapatkan pengesahan dari Kemenkum HAM pada tanggal 29 November 2018 dengan nomor: AHU-0057261.AH.01.01 Tahun 2018.

Keberadaan PT Isma tidak lepas dari komitmen PT Pelindo 4 dalam melaksanakan fungsi BUMN dalam penyediaan tenaga kerja.

Atas dasar tersebut, PT Pelindo 4 menugaskan PT Equiport Inti Indonesia dan PT Nusantara Terminal Service untuk mendirikan perusahaan yang khusus bergerak dibidang penyedia jasa tenaga kerja.

PT INTAN SEJAHTERA UTAMA
Gedung Plasa Intan
Jl. H.I.A Saleh Daeng Tompo (Ex. Jl. Durian) No.11
Kelurahan Losari Kecamatan Ujung pandang
Makassar – Sulawesi Selatan Kode Pos 90112

MILESTONE

AWARDS

Penghargaan yang telah diraih oleh Pelindo 4