Dirut Pelindo 4 Hadiri Pertemuan Persiapan Ekspor dari Tual

28 Februari 2018 | Rilis Berita

INAPORT4 - Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung didampingi Direktur Operasi dan Komersial Pelindo IV, Riman S. Duyo bersama Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan Pelindo IV, Farid Padang menghadiri pertemuan terkait persiapan ekspor komoditas hasil perikanan dari Pelabuhan Tual, Provinsi Maluku, bekerjasama dengan PT Perikanan Nusantara (Persero).

Pertemuan yang berlangsung pada hari ini, Rabu (28 Februari 2018), digelar di Kantor Gubernur Maluku dan dihadiri Plt Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua, Direktur Utama PT Perikanan Nusantara, Dendi Anggi Gumilang serta beberapa pejabat terkait di lingkungan Provinsi Maluku.

Dalam pertemuan tersebut, Dirut Pelindo 4 meminta dukungan Pemprov Maluku agar dapat mengeluarkan edaran kepada semua eksportir dan unit penangkapan ikan, untuk bersama Pelindo 4 dan PT Perikanan Nusantara meningkatkan ekspor secara eksponensial dengan menjadikan Tual sebagai sentra pengumpul hasil perikanan untuk tujuan ekspor, yang kemudian diterbitkan ekspor di Pelabuhan Ambon yang sudah dilengkapi dengan fasilitas ekspor baik Bea Cukai dan Karantina.

Sementara itu, Farid Padang menambahkan bahwa untuk akselerasi ekspor, akan dipasang refeer container di Tual sebagai pengumpul unit dan menambahan mobil crane untuk kegiatan stuffing striping dari kapal ke refeer container yang akan dijadikan container ekspor yang status ekspornya dikeluarkan Pelabuhan Ambon.

Selain itu, Pelindo 4 juga akan menyiapkan Pelayanan Satu Atap untuk proses ekspor di Kantor Pelabuhan Cabang Ambon.

Sebelumnya, Dirut Pelindo 4 Doso Agung menyempatkan diri meninjau fasilitas mitra calon kerja sama, yaitu PT Perikanan Nusantara.