English
PT Pelabuhan Indonesia 4 (Persero) | Sumpah Pemuda, BUMN Hadir di 28 Kampus di Indonesia
14897
single,single-post,postid-14897,single-format-standard,ajax_leftright,page_not_loaded,smooth_scroll,,wpb-js-composer js-comp-ver-3.6.12,vc_responsive

Sumpah Pemuda, BUMN Hadir di 28 Kampus di Indonesia

bumn kampus13bumn kampus15

 

INAPORT4 – Dalam rangka memeringati Hari Sumpah Pemuda ke-89, Kementerian BUMN menyelenggarakan “BUMN Hadir di Kampus” Universitas Cenderawasih dengan menerjunkan pejabat Eselon I Kementerian BUMN dan Direktur Utama BUMN untuk berdiskusi dengan civitas akademika dan para pakar perguruan tinggi.

 

Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan, BUMN memandang civitas akademika dan pakar perguruan tinggi merupakan bagian penting dari generasi bangsa yang diharapkan mampu mengubah Bangsa Indonesia menjadi lebih baik, adil, makmur dan sejahtera.

 

“BUMN Hadir di Kampus bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang peran strategi BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional dan peran serta BUMN untuk meningkatkan link and match antar BUMN dan perguruan tinggi.

 

Mengangkat tema “Membangun Ekonomi Indonesia yang Berkeadilan”, kegiatan ini diharap mampu menjembatangi sinergi BUMN dengan perguruan tinggi yang memiliki SDM profesional.

 

BUMN melakukan kegiatan yang sama secara serentak di 28 perguruan tinggi lainnya se-Indonesia, dimulai pada pukul 09.00 sampai dengan 11.00 dan dipantau langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno.

 

Materi presentase yang dibawakan masing-masing Dirut BUMN, membahas di antaranya gambaran tentang kondisi perekonomian nasional, peran strategis BUMN sebagai agen pembangunan dalam penguatan ekonomi nasional, program-program unggulan BUMN bagi kesejahteraan rakyat, sinergi BUMN dan kampus untuk riset serta komersialisasi employee link and match dan peningkatan rasa nasionalisme.

 

Di Universitas Cenderawasih, antusias mahasiswa untuk mengikuti acara BUMN Hadir di Kampus membuat ruangan yang tersedia tidak mampu menampung sekitar 1.050 orang mahasiswa yang hadir. Sehingga, mahasiswa lainnya harus rela menempati kursi di tenda yang telah disiapkan.

 

Masing-masing BUMN juga menyiapkan souvenir menarik dan doorprize, untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

 

Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung sebelum memperesentasekan materinya, terlebih dahulu mengawali dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada para mahasiswa.

 

“Mahasiswa yang bisa menjawab dengan benar diberikan doorprize berupa tabungan total senilai Rp15 juta, di mana masing-masing pemenang mendapatkan tabungan senilai Rp1 juta yang langsung dikirim oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Selain itu, Pelindo IV juga memberikan hadiah berupa laptop dan bantuan pembangunan pos security serta perlengkapannya di Kampus Universitas Cenderawasih.”

 

Dalam materi kuliah yang dibawakan, Doso Agung mempresentasekan lima pelaksanaan program prioritas Nasional oleh BUMN, yaitu Konektivitas, Ketahanan Energi, Elektrifikasi, Ketahanan Pangan dan Perbankan dan Jasa Keuangan.

 

Pelindo IV sendiri diberikan tugas oleh Pemerintah untuk menyukseskan program Nawacita dan Tol Laut.

 

Dengan konektivitas yang dibangun Pelindo IV kata Doso Agung, masyarakat Papua bisa melakukan ekspor langsung ke 54 negara yang menjadi bagian program tol laut, yang telah mampu meningkatkan daya saing produktivitas hingga menurunkan biaya ekonomi di wilayah timur Indonesia.

 

“Konektivitas kini telah dirasakan manfaatnya dan memperkuat ketahanan pangan dengan memastikan ketersediaan kebutuhan pokok, keterjangkauan dan kestabilan harga, serta kualitas barang,” ujar Doso.

 

Adapun komoditas yang menjadi unggulan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yaitu beras, minyak goreng, semen dan gula.

 

Sementara itu, Guru Besar Universitas Cenderawasih Prof. Balthasar Kambuaya sangat mengapresiasi program Direct Call dan Direct Export yang telah dilakukan Pelindo IV.

No Comment

Post A Comment