English
PT Pelabuhan Indonesia 4 (Persero) | Observasi Penerapan ISPS Code, Tim Kunjungi Pelabuhan Makassar & TPM  
14067
post-template-default,single,single-post,postid-14067,single-format-standard,ajax_leftright,page_not_loaded,smooth_scroll,,wpb-js-composer js-comp-ver-3.6.12,vc_responsive

Observasi Penerapan ISPS Code, Tim Kunjungi Pelabuhan Makassar & TPM  

 

Sumber foto : Humas Pelindo IV

 

INAPORT4 – Tim US Coast Guard International Port Security Program, Mr. Ezekiel Lyons dan Mr. Matthew Young mengunjungi fasilitas pelabuhan di Cabang Makassar dan Cabang Terminal Petikemas Makassar, Kamis, 20 April 2017.

 

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV (Persero), Baharuddin M. mengatakan kunjungan tersebut terkait dengan penilaian dunia internasional terhadap konsistensi penerapan ISPS Code di Indonesia, khususnya di Pelabuhan Makassar dan Terminal Petikemas Makassar.

 

“Jadi, tujuan kunjungan ini adalah untuk melaksanakan observasi penerapan ISPS Code terhadap fasilitas pelabuhan di Cabang Makassar dan Terminal Petikemas Makassar,” jelas Baharuddin.

 

Kode Keamanan Internasional terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan atau The International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code) merupakan aturan yang menyeluruh mengenai langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan.

 

Aturan ini dikembangkan sebagai tanggapan terhadap ancaman yang dirasakan dapat terjadi terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan pasca serangan 11 September di Amerika Serikat.

 

ISPS Code diimplementasikan melalui Bab XI-2 mengenai langkah-langkah khusus untuk meningkatkan keamanan maritim dalam Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut (SOLAS). Kode ini memiliki dua bagian, yang satu wajib dan yang satu saran atau petunjuk.

 

Pada dasarnya, kode tersebut menggunakan pendekatan manajemen risiko untuk menjamin keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan, serta untuk menentukan langkah-langkah keamanan apa yang tepat, penilaian risiko harus dilakukan dalam setiap kasus tertentu.

 

Tujuan dari kode ini adalah menyediakan standar, kerangka kerja yang konsisten untuk mengevaluasi risiko, memungkinkan Pemerintah untuk mengimbangi apabila terjadi perubahan ancaman dengan merubah nilai kerentanan pada kapal dan fasilitas pelabuhan melalui penentuan tingkat keamanan yang sesuai dan langkah-langkah keamanan yang sesuai.

No Comment

Post A Comment