English
PT Pelabuhan Indonesia 4 (Persero) | Menhub Tinjau Posko Angkutan Lebaran 2017 Pelabuhan Makassar
13902
single,single-post,postid-13902,single-format-standard,ajax_leftright,page_not_loaded,smooth_scroll,,wpb-js-composer js-comp-ver-3.6.12,vc_responsive

Menhub Tinjau Posko Angkutan Lebaran 2017 Pelabuhan Makassar

 00dea92d-3f43-421c-87d0-d488bf87eb0d 4d2a752e-5fae-42ae-bde8-fc2237dd296b 15d5e4d3-76e4-4860-a008-ed4aa507691d IBU IBU3 38994a3d-5f3e-4798-b809-cf0030e64c01 d3f6beef-e80c-49bc-9257-6dd46fb03ad9 jaket1 jaket2 jaket4 jaket6 jaket7

 

INAPORT4 – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Makassar untuk meninjau Posko Angkutan Lebaran 2017, sekaligus Gelar Pasukan Taruna/Taruni yang Piket Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Perhubungan di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/6/2017).

 

Sebelum berkunjung ke Makassar, Menhub terlebih dahulu meninjau kesiapan Angkutan Lebaran 2017 di Pelabuhan Balikpapan, Kalimantan Timur. Selanjutnya dari Makassar, Budi Karya juga akan melakukan peninjauan serupa di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, Banyuwangi, Jawa Timur.

 

Terkait kesiapan Posko Angkutan Lebaran 2017 di Pelabuhan Makassar, pada Kamis (8 Juni 2017), Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Danlantamal VI Makassar, Direksi PT Pelindo IV (Persero) dan seluruh pimpinan instansi serta stakeholder telah menggelar Apel Pembukaan Tim Posko Angkutan Laut Lebaran Tahun 2017.

 

Apel yang digelar di Depan Terminal Penumpang Anging Mammiri Pelabuhan Makassar tersebut dihadiri Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Victor Vikki Subroto, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Rahmatullah, Danlantamal VI Makassar, Direksi PT Pelindo IV (Persero), Kepala Distrik Navigasi Kelas I Makassar, Kapolres Pelabuhan Makassar dan Kapolsek Pelabuhan Makassar, seluruh instansi terkait di Pelabuhan Makassar serta asosiasi yaitu APBMI Sulselbar, INSA Makassar, ALFI/ILFA Sulsel dan Koperasi TKBM Pelabuhan Makassar.

 

Sementara itu, PT Pelindo IV (Persero) juga telah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi lonjakan penumpang kapal laut di Pelabuhan Makassar, yang diprediksi akan terjadi pada H-20 Lebaran kali ini.

 

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan tahun ini cukup banyak persiapan dan pembenahan fasilitas, khususnya di Pelabuhan Makassar, yang dilakukan pihaknya untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

 

“Di antaranya, kami sudah menyiapkan ruang menyusui, kipas angin khusus, AC di ruang tunggu terminal penumpang di lantai satu dan dua, ruang kesehatan, tempat chas telepon genggam, air kran yang bisa langsung dikonsumsi, toilet yang senantiasa bersih, mushola berikut perlengkapan sholat dan kursi roda untuk penyandang disabilitas,” kata Doso Agung.

 

Selain menyiapkan fasilitas untuk para pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal laut, Pelindo IV juga memperhatikan faktor keamanan yang diperketat dengan tidak membiarkan penumpang bertumpuk di ruang tunggu. “Tim pengamanan dibantu pihak dari kepolisian akan bekerjasama menjalankan tugasnya masing-masing, sehingga tidak akan ada lagi penumpukan penumpang di ruang tunggu. Hanya penumpang yang ingin berangkat saja yang dipersilahkan masuk ke ruang tunggu yang sudah difasilitasi.”

 

Selain itu lanjut Doso Agung, keamanan di Pelabuhan Makassar juga didukung kamera CCTV yang siap memonitoring semua pergerakan penumpang dari mulai pintu masuk pelabuhan hingga naik ke kapal.

 

“Terminal penumpang yang tersedia sudah standar internasional, yang telah dilengkapi antara lain dengan garbarata atau jembatan penghubung dari ruang tunggu terminal penumpang ke pintu masuk kapal,” ujar Dirut Pelindo IV.

 

Juga telah tersedia travelator, connecting bridge, serta fasilitas lain untuk kenyamanan penumpang di terminal yang siap menampung hingga 4.000 orang.

 

Selain telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi (keberangkatan) dan debarkasi (kedatangan), Pelindo IV juga sudah melakukan penataan pedagang kaki lima (PK5) di area Pelabuhan Makassar, pemasangan CCTV sebanyak 9 titik di sisi dermaga, 18 titik di terminal penumpang lantai satu dan dua, serta 16 titik di area PK5 dan tidak ada lagi pedagang asongan yang berkeliaran di area dermaga dan terminal penumpang, sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang kini lebih terjamin.

 

Dari sisi keamanan lanjut Doso Agung, pihaknya telah bekerjasama dengan aparat keamanan baik dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) serta Lantamal dan K9 Polda Sulsel, juga telah memiliki alat keamanan seperti metal detector.

 

Adapun, posko terpadu yang mulai berfungsi pada H-20 juga akan dilengkapi dengan info cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) termasuk CCTV di sejumlah titik rawan.

 

“Semua fasilitas pendukung yang kami [Pelindo IV] siapkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang kapal, juga sebagai bagian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi bila nanti terjadi penundaan pemberangkatan karena kendala teknis,” beber Doso.

 

Bila ada penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan kapal dan memiliki keterbatasan biaya, bisa memilih untuk menginap di pelabuhan.

 

Pihaknya memprediksi, tahun ini lonjakan penumpang saat mudik Lebaran akan mengalami peningkatan sekitar 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Di mana pada musim mudik tahun lalu, hingga H-3 Lebaran, penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar mencapai kurang lebih 107.909 orang.

 

“Diperkirakan tahun ini jumlah penumpang mudik akan mencapai 114.384 orang.”

 

Sementara itu, terkait program yang juga disiapkan Pelindo IV saat Ramadan dan jelang mudik Lebaran nanti, yaitu Mudik Gratis bagi kurang lebih 1.000 orang penumpang kapal, bekerjasama dengan Perum Damri.

 

“Untuk program Mudik Gratis, yaitu tujuan Makassar – Parepare, Makassar – Bone dan Makassar – Bulukumba. Diestimasi, target penumpang kapal untuk Mudik Gratis nanti total sebanyak 1.000 orang.”

 

Serahkan Bantuan Life Jacket

 

Selain meninjau Posko Angkutan Lebaran 2017 dan Gelar Pasukan Taruna/Taruni yang Piket Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Perhubungan, dalam kesempatan tersebut Menhub Budi Karya juga secara simbolis menyerahkan bantuan sebanyak 1.000 Life Jacket atau baju pelampung kepada insan pelayaran tradisional di wilayah pelabuhan kelolaan Pelindo IV.

 

“Penyerahan bantuan Life Jacket ini sebagai bentuk kepedulian Pelindo IV terhadap insan pelayaran tradisional dan stakeholder pelabuhan pada umumnya,” ujar Doso Agung.

 

Adapun, penyerahan Life Jacket tersebut merupakan bantuan baju pelampung yang kedua dari Pelindo IV kepada masyarakat pelayaran tradisional. Sebelumnya, pada puncak perayaan Hari Pers Nasional di Ambon, 9 Februari 2017, Pelindo IV juga menyerahkan sebanyak 1.000 Life Jacket kepada insan pelayaran tradisional di wilayah perairan Maluku.

 

Bantuan yang merupakan bagian dari program CSR Perseroan tersebut juga diserahkan secara simbolis oleh Menhub Budi Karya saat puncak perayaan Hari Pers Nasional.

 

 

No Comment

Post A Comment